Oleh: kajianmuslimah | 24 April 2008

POLA MAKAN YANG MENYELAMATKAN..

Kajian Muslimah

Hari / Tanggal : Senin, 21 April 2008

Pemateri : Dr. Rozalina Loebis, SpM

Materi : Pola Makan Yang Menyelamatkan

POLA MAKAN YANG MENYELAMATKAN..

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam serta shalawat senantiasa kita panjatkan kepada junjungan kita Rasulullah SAW.

Alhamdulillah pada hari ini kita bisa dipertemukan kembali oleh Allah SWT dalam acara KAJIAN MUSLIMAH ini.

Baiklah sebelum memulai, marilah kita bersama-sama mengucapkan kalimat basmallah, semoga Allah memberikan barakah pada KAJIAN kita kali ini. Amin.

Sebelumnya perlu dipahami karena bahasan tentang pola makan ini banyak dan tidak memungkinkan untuk dibahas dalam satu kali pertemuan, maka ini adalah bagian yang pertama dari pembahasan pola makan ini.

Makanan mempunyai pengaruh dominant bagi diri orang yang memakannya. Makanan sehat akan membentuk jiwa dan fisik yang sehat. Sementara makanan tidak sehat akan mengakibatkan pemakannya sakit.

Makanan yang seimbang adalah makanan ideal, baik kuantitas maupun kualitas. Al quran telah membuat pondasi dasar yang jelas dan bijak dalam hal makanan ini. Bahkan Rasullulah telah mengukuhkan dasar tersebut sambil memberikan ketentuan dan aturan yang menjamin realisasinya sehingga seorang muslim benar2 dapat mengonsumsi makanan yang sempurna, seimbang jasmani dan rohani.

Tubuh manusia membutuhkan makanan yang seimbang yang bisa dikonsumsi dan diserap dengan mudah, menggantikan zat yang hilang dan menghilangkan rasa lapar untuk menjadikannya mudah beraktivitas dan memperkuat system imunitas guna melawan penyakit.

Allah SWT sendiri memang telah menciptakan dunia ini dalam keseimbangan dan makanan yang seimbang ini adalah perwujudannya.

“ Allah telah meninggikan langit dan Dia meletakkan neraca keadilan. Supaya kalian tidak melampaui batas tentang neraca itu. Dan tegakkanlah timbangan itu dengan adil dan janganlah kalian mengurangi neraca itu.” (QS Ar Rahman 7-9)

Makanan yang seimbang terdiri dari unsur- unsur seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat dan air, berfungsi mengaktifkan seluruh fungsi tubuh. Masing-masing unsur memiliki fungsi dan tugas tersendiri.

Karbohidrat misalnya fungsinya menambah kekuatan manusia. Makanan berserat membantu pencernaan untuk memudahkan gerak alat cerna dan proses pencernaan makanan.

Protein memainkan peran yang sangat besar dalam membentuk sel dan jaringan tubuh, sekaligus memperbarui sel yang rusak dan memelihara otot.

Lemak membentuk salah satu struktur dasar bagi makanan seimbang, juga bagi jaringan berlapis bagi sel. Sebagaimana dia sebagai salah satu sumber kekuatan.

Vitamin berfungsi sebagai pembantu yang mendorong dan mengaktifkan fungsi-fungsi tubuh. Ada 13 vitamin yang lazim dibutuhkan manusia, diantaranya

  1. Vitamin A utnuk mata, kulit, tulang, jaringan pernapasan dan pencernaan serta imunitas. Kekurangan vit A bisa mengakibatkan rabun ayam bahkan kebutaan.

Secara alami, vit A ada di hati, telur, susu dan ASI, buah-buahan kuning seperti wortel dan mangga

  1. Vitamin B berfungsi mengembalikan energi tubuh sekaligus memperbaharui jaringan tubuh. Kekurangan vit B bisa lemah otot, bahkan kelumpuhan, kekurangan darah, lemah jantung dan kulit yang pecah2.

Vit B ada di sayur-sayuran, kacang-kacangan , biji-an, daging dan telur

  1. Vit C membantu penyerapan zat besi. Vitamin ini masuk dalam jaringan besar yang mengikat satu sel dan sel lain (kolagen) dan mencegah terjadinya oksidasi.

Kekurangan vit C mengakibatkan penyakit kudis, radang gusi, pembengkakan sendi.

Sumber vit C adalah buah-buahan, khususnya jambu dan sayuran segar

  1. Vit D berfungsi menguatkan dan mengeraskan tulang. Terdapat banyak di minyak ikan, telur, susu dan hati. Vit D bisa dibuat oleh tubuh dengan bantuan sinar UV.

Kekurangan vit D bisa mengakibatkan tulang jadi lunak yang disebut rakhitis.

  1. Vit E berfungsi bagi kesehatan dan pertumbuhan janin, juga melindungi kemandulan bagi pria. Sumber utamanya ialah minyak gandum, minyak jagung dan kacang kedele. Sayur slada. Bayam dan peterseli.

  2. Vit K banyak membantu mencegah perdarahan dan pembekuan darah. Vitamin ini banyak pada bayam, kol, rumput laut, keju dan telur.

Beberapa mineral juga sangat penting dalam makanan seimbang. Mineral ini berfungsi membantu tubuh melaksanakan tugasnya secara aktif dan semangat. Misalnya zat besi. Kalsium, fosfor dan fluor.

Disamping mineral, tubuh juga terdiri dari unsur oksigenm karbon, hidrogen, nitrogen dan potasium yang bilamana salah satu unsur mengalami kekurangan, maka akan timbul kekacauan tubuh.

Allah SWT berfirman

“Maka hendaklah manusia itu memerhatikan makanannya. Sesungguhnya kami benar-benar telah mencurahkan air (dari langit), kemudian Kami belah bumi dengan sebaik-baiknya. Lalu Kami tumbuhkan biji-bijian di bumi itu, anggur, dan sayur-sayuran, Zaitun dan pohon kurma, kebun-kebun yang lebat dan buah-buahan serta rumput-rumputan untuk kesenangan kalian dan untuk binatang-binatang ternak kalian (QS Abasa 23-32)

Bila kita cermati ayat-ayat diatas secara seksama, niscaya kita akan mendapati bahwa ayat2 tersebut memuat aneka macam makanan untuk mewujudkan keseimbangan dan manfaat makanan sekaligus mencegah penyakit yang disebabkan kecenderungan mengonsumsi 1 makanan saja.

Namun walau variasi makanan itu perlu, makan tetap tidak boleh berlebih-lebihan.

Rasulullah bersabda “ Tidaklah anak cucu Adam mengisi wadah yang lebih buruk dari perutnya. Sebenarnya beberapa suap saja sudah cukup untuk menegakkan tulang russuknya. Kalaupun dia harus mengisinya, maka sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga lagi untuk nafasnya” (HR Tirmidzi, Ibnu Majah dan Muslim)

Allah SWT berfirman

“ Hai anak Adam, pakailah pakaian kalian yang indah di setiap memasuki masjid, makan dan minumlah, serta janganlah kalian berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak meyukai orang yang berlebih lebihan” (QS Al A’raf : 31)

Perlu diingat tujuan makan semata-mata agar tubuh mampu berdiri, mengganti sel sel dan energi yang hilang yang kemudian dengannya tubuh bekerja membakar kalori yang ada dalam tubuh dan membantu untuk membentuk dan mengembangkan tubuh. Sehingga makan hendaklah sampai kenyang (begah) dan inilah jalan menuju sehat yang diajarkan Islam dan diakui oleh ilmu kedokteran. Batas makan berlebihan ini sudah ditegaskan oleh Rasulullah dimana beliau bersabda..

“ Termasuk sikap berlebihan adalah ketika engkau memakan semua yang kau inginkan”

Demikian kesimpulan kali ini ialah pola makan yang baik ialah pola makan yang bervariasi namun cukup (tidak berlebihan) dalam memakannya. Disamping semua ini tentu saja status KEHALALAN makanan menjadi paling utama.

Manusia-manusia yang lahir dan tumbuh dari makanan yang halal, secara otomatis melahirkan daging yang halal. Efeknya akan menurunkan generasi-generasi yang halal. Sebaliknya makanan yang haram akan melahirkan pikiran dan hati yang juga tentu saja haram.

Sa’ad bin Ani Waqash berkata pada Rasullulah: “ Ya Rasulullah, doakan kepada Allah agar aku senantiasa menjadi orang yang dikabulkan doanya oleh Allah”. Dan Rasulullah menjawab,” Wahai Sa’ad perbaikilah makananmu (makanlah makanan yang halal) niscaya engkau akan menjadi orang yang selalu dikabulkan doanya.” (Al Hadits)

Semoga anak-anak dan keluarga kita terhindar dari makanan yang subhat dan tidak halal, dan semoga Allah menghindarkan keluarga dan anak-anak kita dari harta dan rezeki yang haram.

Akhirul kata, saya Rosalina mengucapkan permintaan maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan.

Wassalamualaikum Wr Wb


Responses

  1. Terima kasih ukgti atas tausiyahnya….
    Segala sesuatu yg berlebihan adalah yg disenangi oleh syaithan. Karena jatuhnya jadi mubazzir, sedangkan mubazzir adalah temannya syaithan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: