Oleh: kajianmuslimah | 11 Desember 2007

Sharing Ilmu

Kajian Muslimah Online

Hari Senin, 10 Desember 2007

 

Materi : Puasa Sunat Arafah

Pemateri : Mba Diana

 

Mba Diana,

Hanya mengingatkan, utk puas Arafah, jgn sampai terlewat. Pahalanya besar banget loh..

Puasa Arafah itu dikerjakan pd tgl 9 Dzulhijah, bertepatan dg saudara2 kita yg sdg berhaji sedang wukuf di Arafah. Jadi, yg disunahkan puasa adlh bagi yg tdk menunaikan haji. Nabi saw. bersabda, “Puasa hari Arafah bisa menghapus dosa selama dua tahun, tahun lalu dan tahun yang akan datang. ” (HR al-Jamaah kecuali Bukhari dan al-Tirmidzi).

Ini keterangan di syariah-online..

Dalil puasa tanggal 9 Zulhijjah atau yang dikenal puasa Arafah itu adalah sabda Rasulullah SAW : Puasa hari Arafah itu bahwa dia itu menggugurkan dosa setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya” (HR. Muslim)

Sedangkan dalil puasa 8 hari bulan Zulhijjah adalah sebagai berikut :

Empat hal yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW: [1] Puasa hari Asyura, [2] Puasa 1-8 zulhijjah, [3] 3 hari tiap bulan dan [4] dua rakaat sebelum fajar. (HR. Ahmad, Abu Daud dan Nasai).

 

Dari Ibni Abbas ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,Tidak ada amal yang lebih dicintai Allah dari hari ini, (yaitu 10 hari bulan Zulhijjah). Mereka bertanya,Ya Rasulullah SAW, dibandingkan dengan jihad fi sabilillah ?eskipun dibandingkan dengan jihad fi sabililllah. (HR. Jamaah keculai muslim dan Nasai Lihat Nailul Authar : 3/312).

 

Tanggal 1-8 di sunnahkan, tapi, yg lbh diutamakan yg tgl 9 dzulhijah saja.

 

Kemudian amalan lain di bln dzulhijah selain puasa arafah adalah berkurban. Jadi, bagi yg mampu berkurban, jangan sungkan2 utk berkurban yah..Berikan kurban yg terbaik..Kalau milih kambing/domba, pilih yg paling gagah, paling sehat, paling ganteng lah.

 

 


Untuk amalan2 selam bln dzulhijjah…..Pada bln dzulhijjah ini, sgt dianjurkan utk memperbanyak takbir. Takbir nya seperti takbir an pas idhul fitri gitu..dilakukannya, setelah sholat fardhu. Dilakukan pd tgl 9 – 13 dzulhijjah. Jadi, diusahakan disempatkan yah..Amalan ini bukan hanya utk ikhwan.., buat kita jg bisa, setiap selesai sholat, sejenak 5-10 menit, takbiran..dilafalkan sendiri saja, ga usah keras2..takbiran, mengagungkan Allah..

Takbir ini disunnahkan dr tgl 9 samapai 13 dzulhijjah.

Untuk puasa sunat Arafah disunnahkan tanggal 9 Dzulhijjah, tp ada yg melakukan puasa jg, dr tgl 1- 8 dzulhijjah, dan ini tdk salah krn memang ada haditsnya, gitu..silakan mau mengerjakan yg mana..

 

Sekedar informasi, tadi baca di detik com.

muhammadiyah sdh menetapkan tgl 10 dzulhijah jatuh pd tgl 20 des besok.

 

 

******

 

Materi : Tipe-tipe Wanita Dalam Alquran

Pemateri : Mba Shinta

 

Shinta Agustian,

Saya ada kiriman file dari Bundanasywa, semoga bisa dijadikan rmasukan dan renungan untuk kita. Saya copas ya….silahkan disimak

 

Tipe-tipe Wanita Dalam Alquran

 

Ada sebuah ilustrasi menarik. Kalau kita masuk ke toko yang menjual pakaian wanita, pastilah kita akan mendapatkan begitu banyak pakaian dengan berbagai macam corak dan jenisnya. Pilihan, tentu sepenuhnya ada di tangan kita, tidak di tangan orang lain, karena kita yang akan mengenakan pakaian tersebut. Begitu pun seorang wanita ketika berada di tengah-tengah masyarakat, ia bisa memilih tipe-tipe kepribadian yang disukainya. Tentang hal ini Alquran menjelaskan empat tipe wanita :

 

Pertama, tipe wanita dengan kepribadian kuat. Tipe ini diwakili oleh Siti Asiyah, istri Fir’aun. Walaupun berada dalam “cengkeraman” Fir’aun, ia tetap teguh menjaga akidah dan harga dirinya sebagai seorang Muslimah.

Allah SWT mengabadikan doanya dalam Alquran, ”Ya Tuhanku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam syurga dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya dan selamatkan aku dari kaum yang zalim (QS. At-Tahrim: 11).

 

Kedua, tipe wanita yang berusaha menjaga kesucian dirinya. Tipe kedua ini diwakili oleh Siti Maryam. Dalam Surat Maryam ayat 20 disebutkan bahwa Maryam adalah seorang wanita suci yang tidak pernah disentuh seorang lelaki pun.

Karena keutamaan inilah, Allah SWT berkenan mengabadikan namanya menjadi nama salah satu surat dalam Alquran dan menjadikannya ibu dari seorang nabi yang agung.

 

Ketiga, tipe wanita penghasut, penebar fitnah, penggemar gosip, dan sangat buruk hatinya. Ia adalah Hindun, istrinya Abu Lahab. Alquran menjuluki wanita ini sebagai “pembawa kayu bakar” atau wanita penyebar fitnah dan permusuhan. Allah SWT berfirman, ”Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa dan demikian pula istrinya, pembawa kayu bakar yang di lehernya ada tali dari sabut.” (QS. Al-Lahab: 1-5).

Dalam sejarah diceritakan bagaimana “kehebatan” Hindun dalam menyebarkan gosip dan fitnah tentang Rasulullah SAW. Hindun pun dikenal sebagai partner terbaik Abu Lahab untuk menghambat dakwah Islam.

 

Keempat, tipe wanita penggoda. Tipe ini diperankan oleh Siti Zulaikha. Petualangan Zulaikha dalam menggoda Yusuf, dijelaskan dalam Alquran Surat Yusuf ayat 23, ”Dan wanita (Zulaikha) yang Yusuf tinggal di rumahnya, menggoda Yusuf untuk menundukkan dirinya (kepadanya) dan dia menutup pintu-pintu seraya berkata, “Marilah ke sini,” Walaupun para tokoh yang dikisahkan dalam Alquran tersebut hidup ribuan tahun yang lalu, tapi karakteristik dan sifatnya tetap abadi hingga sekarang.

 

Ada tipe wanita pejuang yang kokoh keimanannya. Ada tipe wanita yang tegar dalam menjaga kesucian dirinya. Ada tipe wanita penghasut, dan ada pula tipe wanita penggoda. Tinggal keputusan kita mau memilih yang mana. Memilih yang pertama dan kedua, maka kemuliaan yang akan kita dapatkan. Sedangkan kalau memilih tipe ketiga dan keempat, enak memang karena nafsu terpenuhi, tapi lambat laun kehinaan dunia dan akhirat akan kita dapatkan.

Wallahu a’lam bisshawab.

 

Acara : MQ Pagi

Waktu : Rabu, 10 Maret 2004

Tema : Kajian Muslimah

sumber : republika Online

 

——————————————————————————————

Diskusi

 

Mba Diana : afwan, OOT.. kmrn di TV diputer film, film yg menceritakan ttg nabi Yusuf, dan seterusnya Nabi Musa..tapi rada kecewa..Ternyata nabi yusuf nya ga cakep2 amat.. Padahal ibu2 hamil tuh, rajin bgt baca surat Yusuf., “supaya anaknya cakep seperti nabi Yusuf” katanya

Mba Kiki : masa? ada dalilnya?

Mba Diana : ga ada mel.. ya, salah kaprah aja

Muza : salah kaprah ?

Mba Kiki : maksudnya mitos mungkin za

Mba Diana : dan, sebenarnya kisah tentang “cakep-nya nabi yusuf ini” lebih merupakan suatu mentalitas aja

lucKy Lucky: oh iya, aku kemaren baca majalah Assunah terbitan 2 minggu lalu kalau gak salah

lucKy Lucky: disitu ditulis sebenernya nabi Yusuf AS kegantengannya 1/3 dari nabi Adam AS (cmiiw)

lucKy Lucky: ada di buku apa gitu.. afwan lupa

lucKy Lucky: insya Allah aku cek lagi deh di majalahnya nanti di rumah ibuku

lucKy Lucky: jadi kita keturunan orang2 ganteng

Mba Kiki : nabi adam konon tingginya 11 meter , wallahu’alam

lucKy Lucky: aku sih slama hamil gak pernah baca2 surat2 khusus utk ini itu..

lucKy Lucky: baca quran biasa aja

lucKy Lucky: lagian gak ada dalilnya..

lucKy Lucky: malah ada yg nyuruh benci sama orang ganteng, biar anaknya cakep

lucKy Lucky: atau gak bawa gunting biar kandungannya selamat.. gak ada hubungannya sama sekali

lucKy Lucky: atau gak bawa2 sapu lidi

lucKy Lucky: di kantorku ada yg percaya seperti itu

lucKy Lucky: dikasih tahu juga gak mempan

Mba Diana : oh gitu?

lucKy Lucky: iya

Mba Kiki : setan tuh pinter ganggunya…jadi sama yg bawa gunting beneran dia ga mau nongoL

Mba Kiki : jadi deh orang makin percaya ama gunting

Mba Kiki : pinter ya ngejerumusin ke syiriknya

Mba Ocha : eh benci ma orang ganteng?

Mba Ocha : klo ga benci harus dipaxa buat benci?

lucKy Lucky: jadi dulu itu aku waktu hamil 5 bulan pernah jatuh di kamar mandi sebuah mall. Nah kata temanku itu krn aku gak bawa gunting , lah emang takdirnya aku jatuh aja, baca doa masuk wc sudah, selama di wc aku juga baca doa dalam hati.. yah emang aku mau jatuh ya jatuh aja..

Mba Kiki : ada ada aja ya

lucKy Lucky: dan si pembawa gunting dan sapu lidi ini melahirkannya juga cepet deh 2 jam kalau gak salah, gmn dia gak semakin yakin khan tuh

Mba Kiki : ck ck ck syetan bener bener, segala usaha diupayakan

lucKy Lucky: sedangkan aku lahirannya lamaaaa bgt.. tp aku ambil hikmahnya, moga2 dgn lama dan sakitnya lahiran smoga dosa2ku diampunkan

Mba Kiki : amiin allahuma amiin

lucKy Lucky: mungkin juga krn aku jarang olah raga selama hamil, jadi lahirannya lama banget

Mba Diana : mungkin juga, mba, sebenarnya hampir setiap hal bs dijelaskan scr ilmiah, tp seperti kata mel tadi, syetan memang paling pinter cari cara menjerumuskan manusia..

Mba Diana : sehingga yg klenik2 jd menarik.., padahal itu sdh bs masuk kategori syirik

 

——————————————————————————————-

 

Saran-Kritik-Masukan-Informasi

 

 

ipeh alena: request donk………..kapan2 bahas masalah tentang bagaimana kah wanita itu. Kalo boleh. : karena aku baru hijrah jadi pengen tau apa aja yang boleh and gak boleh di lakukan wanita. Nah ada beberapa yang masih ingin di tanyakan kalau ada bahasan itu

lucKy Lucky: oohh.. Alhamdulillah ,,, beli buku Fatwa-fatwa Wanita, ada 3 buku, disitu lengkap

ipeh alena: iyah…… boleh juga tuh. jazakillah mba lucky yang cantik

lucKy Lucky: trus barusan aku juga nyatet buku2 apa saja yang musti dibeliin orang yg baru menuntut ilmu (seperti aku.. )

Mba Ocha : tar klo ga ngerti dibahas deh

ipeh alena: apa aja tuh bukunya? boleh juga tuh

lucKy Lucky: ada banyak bukunya . aku baru nyatat aja..Itu buku2 yg disarankan Syaikh Albani bagi Para Penuntut Ilmu yang masih pemula

ipeh alena: … share2 bukunya ya mba lucky yang cantik

lucKy Lucky: untuk belajar Fiqih direkomendasikan: Kitab Fiqih

lucKy Lucky: Kitab Fiqih Sunnah – Sayyid Sabiq

lucKy Lucky: saya juga gak tau dapat buku ini dari mana, tp saya mau coba cari dulu dan tanya2

lucKy Lucky: kalau Tafsir Quran di rekomendasikan Tafsir Quran Al’azhim – Ibnu Katsir

lucKy Lucky: Kitab2 Peringatan2 dan Upaya Melunakan Hati: Kitab Riyaadhus Shalihiin – Imam An Nawawi

lucKy Lucky: untuk Aqidah: Syarh ‘Awiidan Athn Thahaawiyah – Ibn Abil ‘Izza Hanafi

lucKy Lucky: gitu aja yang aku catat pagi ini :_

Mba Diana : melengkapi saja: kitab fiqih sunnah – sayid sabiq, ada edisi baru, lengkap harganya 380 ribu, diskon jadi 300 ribu

lucKy Lucky: oh yah? dimana?

Mba Diana : di pameran

ipeh alena: dimana mba diana?

Mba Diana : di toko buku islam insya Allah ada mba..

ipeh alena: kalo denger diskonan langsung cerah

lucKy Lucky: sama

Mba Diana : klo mau pesan lewat diana jg boleh

ipeh alena: pameran apa?

Mba Diana : pameran buku, book fair

ipeh alena: pameran dimana?

lucKy Lucky: itu penerbitnya apa mbak diana?

Mba Diana : klo yg tafsir ibnu katsir, blm tahu harganya, ntar ditanyakan lagi

ipeh alena: ooo yang di JCC itu ya

Mba Diana : lupa penerbutnya siapa, coba googling, insya Allah ada

Mba Diana : yup, di JCC

lucKy Lucky: ok mbak

ipeh alena: mba diana udah ke sana?

Mba Diana : klo Riyadhus Shalihin lbh murah, lengkap 2 buku, ga sampai 100 rb

lucKy Lucky: aku dapat nih tapi nama penerbitnya PENA

lucKy Lucky: makasih infonya mbak Diana

lucKy Lucky: ntar aku coba cari tahu dulu

Mba Diana : met hunting buku..

Mba Diana : insya Allah, Islamic Book Fair di JCC bulan Maret 2008

Mba Diana : jd skrg nabung dulu, buat beli2 buku pas book fair, oche?

lucKy Lucky: ini penerbit PENA bagus gak yah?

lucKy Lucky: terjamin gitu

Mba Diana : ralat, bukan di JCC, tp di Gelora Bung Karno, Senayan

Mba Diana : insya Allah, itu shahih mba..

lucKy Lucky: oh gitu

lucKy Lucky: makasih mbak diana

ipeh alena: o0o

Mba Ocha : http://buku-islam.blogspot.com << disini juga banyak

ipeh alena: makasih mba diana

lucKy Lucky: aku sholat dulu deh

lucKy Lucky: jazakallah khoir yah ukhti fillah

Mba Ocha : itu resensi bukunya

Mba Ocha : waiyyaki mbak lucky

 

******


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: