Oleh: Hasna Diana | 13 Maret 2008

Menuju Masa Depan yang Lebih Baik

Kajian Muslimah

Hari, tanggal: Kamis, 13 Maret 2008

Pemateri: Mba Juariah

Materi: Menuju Masa Depan yang Lebih Baik

 

bismilahirohman nirrohim…

materi kali ini adalah Menuju Masa Depan Yang Lebih Baik

oleh: Bisri Haerudin

pak bisri adalah *) Pengelola Dirosah Islam Remaja

dan TPA Nurul Huda,

Cirompang – Kademangan, Cisauk, Tangerang.

baik kita mulai

Perubahan ke arah yang lebih baik merupakan tuntutan Qur’ani. Allah SWT berfirman dalam surat Ar Ra’d ayat 11:

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah sesuatu yang ada pada suatu kaum, sehingga mereka sendiri yang mau mengubah sesuatu yang ada pada diri mereka sendiri.”

Secara fitrah setiap insan pasti mempunyai keinginan memiliki akhlak yang baik dan selalu ingin menjadi lebih baik lagi, sehingga akan tercapai pula masa depan yang lebih cerah, baik bagi urusan dunianya maupun akhiratnya kelak. Untuk itu penulis sajikan beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk menuju masa depan yang lebih baik:

untuk mnuju masa dpn yang lebih baik caranya adalah sbb :

PERBAIKAN JIWA/DIRI

Diantara rahasia kemuliaan yang Allah berikan kepada manusia adalah jiwa. Para malaikat tidaklah diperintah untuk sujud kepada Adam as. kecuali setelah dibentuk kejiwaannya. Kesadaran mendalam yang harus kita miliki bahwa yang dinamakan manusia itu tidak lain adalah nafs atau jiwa, inilah arti sebenarnya. Adapun jasad, maka ia tidak lebih dari sekedar pembungkus belaka bagi jiwa ini.

Allah SWT telah menjadikan baiknya seseorang itu tergantung pada kebaikan dirinya atau jiwanya, dan kerusakannya juga tergantung pada kerusakan jiwanya. Allah SWT berfirman: “Demi jiwa serta penyempurnaannya. Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan/kejahatan dan ketaqwaannya. Sungguh, beruntunglah orang yang menyucikan jiwanya, dan sungguh merugilah orang yang mengotorinnya.” (QS Asy Syam: 7-10)

Menuju masa depan yang lebih baik mestinya diawali dengan perbaikan jiwa kita. Kita harus berusaha agar dalam jiwa kita bersemayam nilai-nilai ruhiah yang telah dialirkan oleh Allah SWT atas jasad kita. Baik tidaknya akhlaq bukan yang tampak pada bentuk lahiriah manusia. Akan tetapi keutamaan yang bersemayam di dalam jiwa, yang membangkitkan perbuatan-perbuatan baik dan mulia.

cara kedua adalah MENJAUHI KEMAKSIATAN DAN KEJELEKAN

Hidup adalah rangkain perjalanan dan perjuangan yang memerlukan pengorbanan. Pengorbanan menuju masa depan yang lebih baik harus menghindari kemaksiatan dan kejelekan.

Salah satu kaidah ushul fiqh mengatakan: “Membuang kejelekan harus diutamakan atas melakukan kebaikan-kebaikan.” Ibarat pakaian tidak mungkin indah bila masih banyak kotoran. Demikian juga manusia tidak mungkin baik ketika masih melakukan maksiat dan kejelekan.

yang ke-3 adalah DETAIL DALAM MERENCANAKAN AMAL

Rumus utama kesuksesan setiap organisasi baik sosial maupun bisnis, terletak pada kehebatan manajemennya. Setiap pola manajemen senantiasa diawali dengan planning (perencanaan). Demikian halnya manusia yang ingin sukses masa depannya hendaklah melakukan perencanaan amal yang mendetail. Siapkan rencana kegiatan apa saja yang akan dilakukan setiap hari yang terbaik untuk diri, keluarga dan lingkungannya. Kejarlah target-target yang bermanfaat. Dan yang terpenting, janganlah lupa untuk selalu melakukan evaluasi.

yang ke-4 adalah BERSAHABAT DENGAN ORANG-ORANG YANG SHOLEH DAN PARA PEJUANG/PENEGAK DA’WAH

Ibarat benda yang perlu polesan dan pewarna, begitu juga manusia, ia perlu teladan dan bimbingan yang bisa mewarnai kehidupannya. Dengan bershahabat bersama-sama orang-orang sholeh kita bisa ikut terbawa sholeh. Begitu juga bila kita sering bersama pejuang, kita akan mempunyai semangat hidup untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik

yang ke-5 HADIR DI MAJELIS ILMU

Amal yang baik adalah amal yang dipandu oleh pengetahuan yang baik-baik. Tidak mungkin kita mendapatkan ilmu yang bisa memandu amal kita, kalau kita tidak pernah hadir pada majelis ilmu. Allah SWT lewat Rasul-Nya mewajibkan setiap muslim untuk menuntut ilmu. Karena ilmulah yang dapat menjadi cahaya penerang kehidupan manusia.

nah hadir dimajlis ilmu insyallah majlis kita skrg ini juga adalah majlis ilmu dimana kita mengkaji ssuatu

buakan gosip ngalor ngidul ngak jelas

Semoga dengan perbaikan jiwa, perencanaan amal yang baik, bersahabat dengan orang sholeh, dan menambah ilmu akan mengarahkan masa depan kita lebih baik dan bermanfaat.

Wallahu ‘alam bishowab.

Demikianlah 5 cara untuk menuju masa depan yg lebih baik

dalam artian menuju pribadi yg lebih baik

insyallah kalau sudah tumbuh pribadi2 yang baik

makan akan timbul rumah tangga yg baik

kemudian masyarakat yg baik

negara yg baik

dan selanjutnya,..

demikianlah matri yg bisa saya bawakan smoga ada manfaatnya terutama bagi saya sendiri

kurang lebihnya mohon maaf

wassalammualaikum wr wb

 

About these ads

Responses

  1. TERUS KITA KEMBANGKAN AGAMA ALLAH
    HINGGA AKHIR ZAMAN


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: