Oleh: kajianmuslimah | 15 Januari 2008

7 Faktor kehancuran keluarga

Kajian Muslimah

Hari, tanggal: Kamis, 3 Januari 2008

Pemateri: Mba Juariah

Materi: 7 Faktor Kehancuran Keluarga

 

 


mungkin diantara yg hdir dikajian ini msih ada yg belum berkeluarga namun meski belum punya keluarga sendiri tapi kan anggota dari keluarga juga yah or bisa dijadikan bekal untuk berkeluarga nantinya, amiin

Di dalam rumah tangga selalu memiliki rintangan dan penyebab kehancuran, dalam pandangan Psikofitrah ada 7 penyebab kehancuran keluarga. Kehancuran keluarga ditengah masyarakat berarti juga kehancuran satu bangsa sebab keluarga adalah cermin dari satu bangsa

 

1. Akidah yang keliru atau sesat, misalnya mempercayai kekuatan dukun, magic dan sebangsanya. Bimbingan dukun dan sebangsanya bukan saja membuat langkah hidup tidak rationil, tetapi juga bisa menyesatkan pada bencana yang fatal.

 

2. Makanan yang tidak halalan thayyiba. Menurut hadis Nabi, sepotong daging dalam tubuh manusia yang berasal dari makanan haram, cenderung mendorong pada perbuatan yang haram juga (qith`at al lahmi min al haram ahaqqu ila an nar). Semakna dengan makanan, juga rumah, mobil, pakaian dan lain-lainnya.

 

3. Kemewahan. Menurut al Qur’an, kehancuran suatu bangsa dimulai dengan kecenderungan hidup mewah, mutrafin (Q/17:16), sebaliknya kesederhanaan akan menjadi benteng kebenaran. Keluarga yang memiliki pola hidup mewah mudah terjerumus pada keserakahan dan perilaku manyimpang yang ujungnya menghancurkan keindahan hidup berkeluarga.

 

4. Pergaulan yang tidak terjaga kesopanannya (dapat mendatangkan WIL dan PIL). Oleh karena itu suami atau isteri harus menjauhi “berduaan” dengan yang bukan muhrim, sebab meskipun pada mulanya tidak ada maksud apa-apa atau bahkan bermaksud baik, tetapi suasana psikologis “berduaan” akan dapat menggiring pada perselingkuhan.

 

5. Kebodohan. Kebodohan ada yang bersifat matematis, logis dan ada juga kebodohan sosial. Pertimbangan hidup tidak selamanya matematis dan logis, tetapi juga ada pertimbangan logika sosial dan matematika sosial.

 

6. Akhlak yang rendah. Akhlak adalah keadaan batin yang menjadi penggerak tingkah laku. Orang yang kualitas batinnya rendah mudah terjerumus pada perilaku rendah yang sangat merugikan.

 

7. Jauh dari agama. Agama dalah tuntunan hidup. Orang yang mematuhiagama meski tidak pandai, dijamin perjalanan hidupnya tidak menyimpangterlalu jauh dari rel kebenaran. Orang yang jauh dari agama mudahtertipu oleh sesuatu yang seakan-akan “menjanjikan” padahal palsu.

 

 

demikianlah tulisan dari pak agus syafii (bukan suami saya loh) meski sama-sama namanya pak agus

*****

 

 

Diskusi

 

 

Shinta: 1. psikofitrah itu apa? baru denger nih….membahas apa aja

Shinta: yang kedua, dalam kehidupan berkeluarga sangat didukung utk saling bekerjasama,

titim: Psikofitrah adalah ilmu yang mempelajari sunatullah (hukum Alloh) dalam jiwa manusia. Sebagaimana sunatullah yang berada di alam semesta, di dalam jiwa manusia juga berlaku sunatullah.

titim: Ketika anda berpikir hidup ini adalah keajaiban maka sunah Alloh menyediakan keajaiban dalam hidup anda. Banyak keajaiban yang anda sendiri tidak menduga. Bagaimana mungkin semua itu terjadi? Tanya anda. Semua itu mungkin terjadi bila Alloh menghendaki. Maka berhati-hatilah dengan pikiran anda sebab bisa menjadi kenyataan.

Shinta: sejauh mn qt bisa/boleh meminta tolong pd suami

Shinta: saat qt merasa kewalahan dg amanah sbg istri dan ibu

Shinta: kadang ada kekhawatiran, sayanya yg blm optimal dg manajemen semuanya

Shinta: bahkan terkadang sempatrasa tdk mampu

Shinta: hal ini bnyk dialami oleh teman2 (nanya jg ke saya maksdnya), bahkan ada bbrp yg merasa sampe stress dg posisi yg sekarang (sbg ibu, yg otomatis waktu ibadahd an ketenangan ibadah merasa sngt jauuh berkurang)

mba Juariah: maksud pertanyaanya disini ttg kondisi ibadah yg jauh berkuarang or sejauh mana kita minta pertolongan suami mb?

mba Juariah: kyknya saya malu neh ah,…mb shinta lebih tahu kali yah,…..tapi saya coba jawab yah

mba Juariah: sampai dimana kita bisa minta bantuan suami, yah tak ada batas nya dong

mba Juariah: selama suami ridho menolong urusan RT

mba Juariah: oh ya malah kata suami saya tak ada batasnya loh

mba Juariah: karena sebenarnya kewajiban menyiapkan rumah, makanan utk keluarga dll semua tanggung jawab suami istri cuma wajib melayani suami

mba Juariah: kalau istri bisa masak bisa merapikan rumah dll itu bonus dan bernilai pahala disisi Allah

mba Juariah: jadi menurut saya tdk usah sungkan minta tolong suami apapun saja selama kondisi yg pas (suami sdg ada waktu dan tdksdg lelah)

mba Juariah: gitu mb shinta

icha: pi knyataan di msyarakt muslim indonesia kok di balik

mba Juariah : semangat minta tolong

mba Juariah : tapi bener loh mb suatu hari kami pernah ikut daurah dan kami baru tahu ternyata yg WAJIB menyiapkan makanan dan pakaian juga tempat perlindungan itu suami

mba Juariah : jelas kita yg warga INA yg biasa melihat bahwa semua itu kewajiban istri jadi kaget yah

Mba Diana : ya, kata ust muslim zainudin jg begitu.. beliau ustadz spesialis pernikahan, dr bandung..

Mba Diana : katanya, semua tugas rumah tangga itu adalah kewajiban suami..

Mba Diana : semuanya..

Mba Diana : tugas istri cuma satu, nurut sama suami..

Mba Diana : jadilah, suami menyuruh istri mengerjakan tugasnya..

Mba Diana : hehe..

Mba Diana : suami yg cerdas..

mba Juariah : tapi kita ndak perlu ribut ttg kewajiban suami / istri itu loh nanti malah kerjaan ngak beres berantemnya iya

mba Juariah : mending masing-masing berusaha saling membantu pekerjaan rumah tangga

mba Juariah : disaat suami keluar rumah untuk mancari nafkah

mba Juariah : istri dirumah yah masak, nyuci, jemur, nytrika (ngak perlu bgt sih kt suami)

mba Juariah : hehehe masa selama suami diluar kita mau TIDUR ajah

mba Juariah : nah suami dateng dah malem sambel lipetin pakaian berdua kita ngobrol tentang hari itu

mba Juariah : duhh indah kan?

mba Juariah : dua-duanya?

mba Juariah : berarti ada pendelegasian ke khodimat

mba Juariah : nah moso suami yg ngurus khodimat?

mba Juariah : ngak punya khodimat?

mba Juariah : sepulang kerja nyuci bareng2

mba Juariah : or suami nyuci istri masak

mba Juariah : abis nyuci cape masakan mateng makan berdua indah juga kan?

mba Juariah : jadi dibuat santai saja, rumah berantakan anak2 masih kotor suami baru pulang kita ajah sama-sama anak dan suami beresin sama2

mba Juariah : untuk suami yg seperti itu kasihan sekali suaminya,…sebab PAHALA jadi milik istri ajah dong

mba Juariah : masa ngak mau saingan sama2 meraih pahala hehehe

mba Juariah : hehehe becanda ding

mba Juariah : itukan biasanya yah dewi?

mba Juariah : yg tidak seperti itu berarti SUAMI LUAR BIASA

Mba Diana : nah, akhwat yg blm menikah, carilah SUAMI LUAR BIASA..

Mba Diana : yg udh menikah, jadikan suami kita menjadi SUAMI LUAR BIASA..

mba Juariah : JADI ISTRI YANG LUAR BIASA juga dong say

Mba Diana : eh iya mba Ju..

mba Juariah : artinya kita siap menerima suami kita apa adanya,…semangat dalam mencari pahala

mba Juariah : siap membantu urusan suami baik materi maupun urusan rumah tangga

mba Juariah : tapi yg terpenting adalah keterbukaan yah

Mba Diana : komunikasi ya mba..

mba Juariah : apapun berusahalah utk senantiasa terbuka

mba Juariah : betul

mba Juariah : mas hari ini aku capee sekali anak2 rewel pijit dong misalnya

mba Juariah : kalau gitu kita pijitin dia duluan

mba Juariah : bilang abis ini gantian yah mas misalnya

Mba Diana : belajar teknik mijit wi..

Mba Diana : teknik mijit yg ga buat ketiduran..

Shinta: nah masalhnya jg ga semua suami peja dg urusan rt

Shinta: peka mksdnya

Shinta: dan ga semua istri berani utk minta tolo g

Shinta: hihi. btw jazakillah khairbmbak ju

Shinta: saya ijin shalat dulu yaa..

mba Juariah: oh ya baru2 ini saya lihat TV jepang sewaktu ke RS sambil ngantri saya lihat ada acara apa itu saya lupa

mba Juariah : disitu dikatakan berdasarkan angket

mba Juariah : ada 3 kalimat yg disukai suami

mba Juariah : kalau kita ingin minta tolong sesuatu kpd suami

mba Juariah : kalimat 1. Aku Yakin hanya enngkau saja yg bisa melakukan itu dengan beres

mba Juariah : langsung deh hidungnya kembang kempis dan insyallah akan segera berkata ada yg bisa dibantu mi? amiin

mba Juariah : 2.duhh aku bergantung sekali padamu nih

mba Juariah : 3.aku yakin didunia ini tak ada lk2 yg sebaik engkau untuk diriku

mba Juariah : aihh itu kata org jepang,…tapi menurut saya tak ada salahnya kita berusaha terapkan dalam rumah tangga kita yah

Mba Diana : eh mba, kmrn baca di mana gitu, katanya, suami tuh suka istri yg mandiri..

Mba Diana : jd gmn? beretntangan dg yg no 2 donk..

mba Juariah : itu kata2 kuncinya yg tepatnya gimana anda lebih tau

mba Juariah : itu pada saat2 tertentu saja di

mba Juariah : pada saat butuhhhhhhhh banget pertolongan dia

mba Juariah : misalnya mbetulin genteng bocor

Mba Diana : haiyah..

mba Juariah: tak ada salahnya kita minta tlg suami sambil bilang gitu

mba Juariah: tapi kalau cuma make sepatu minta pakein suami jelas suami milih yg mandiri dong

mba Juariah: 2.duhh aku bergantung sekali padamu nih (tapi urusan yg ecek2 ngak hatrus minta tolong suami lah yah)

mba Juariah: 3.aku yakin didunia ini tak ada lk2 yg sebaik engkau untuk diriku

mba Juariah: iya disitu difraghmenkan gimana kalau kita mengucapkan kalimat 1,2,3 atau kita mengucapkan sebaliknya

titim: waduh itu kalimat yg ke-3 bikin suami terbang banged seperti na

mba Juariah: 1.kamugimana sih? lampu dikamar mandi kan mati terus letaknya tinggi sekali aku tdiak bisa melakukannya kamu kan lebih tinggi seharusnya kamu dong yg ganti misalnya

mba Juariah : waduh yg ada jadi berantem deh

titim: istilah nya itu mah, bangunin singa yg tidur kali ya Mba , td nya ga mau marah jadi marah beneran

mba Juariah: coba pake kata2 mas lampu dikamar mandi kan mati tuh truss aku yah seperti mas ketahui tak lebih dr 150 centi mas kan tinggi guanteng ngak perlu jinke untuk hal ini aku betul2 bergantung pada mas deh ,…onegai (tolong) yah yang?

mba Juariah: nah ada bedanya kan?

Mba Diana : subhanallah..

Mba Diana : sepertinya harus dilatih ya mba..

mba Juariah: untuk yg belum menikah tekhik berkomunikasi diatas 3 kalimat bisa diucapkan keadik or kakak

Mba Diana : krn tipe-tipe orang kan berbeda..

mba Juariah: disaat ingij minta tolong

Mba Diana : maunya, to the point aja..

mba Juariah: iya tapi semua org ingin dihargai

mba Juariah: so tak ada salahnya kita menghargai dg pujian misalnya

titim: mba..itu kan dari pihak kita sebagai istri

titim: kl suami ke kita ada ga ya, kan kita juga ingin di puji dan rayu gitu

Mba Diana : setuju mba titim..

Mba Diana : tp sepertinya, sebaiknya kita yg memulai.. yg proaktif..

titim: kadang suami juga seperti mba diana bilang ada yg to the point

Mba Diana : smg dg begitu, suami jd tertular..

titim: kadang ya mba….koq ada rasa ..af1 ya..cape kl selalu kita yg proaktif

Mba Diana : afwan mba Ju, waktunya sudah habis, mohon penutupnya untuk materi hari ini..

titim: kl kita curhat dan bilang ke suami..besok nya dia yg mulai duluan tuh tp ga lama…nanti gitu lagi .

mba Juariah: jangan bosan2 utk senantiasa memulai,…insyallah suatu saat suami akan memulai

- – ** – -

 

About these ads

Responses

  1. Makasih. Artikelnya bermanfaat.

  2. Patut direnungi dan dipahami nich..! good dech

  3. artikelnya sangat bermafaat makasih banyak


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: